PEMASANGAN BREVET YUDHA TURANGGA WIRATAMA KEPADA 30 SISWA SUSGANGKUDSAR

DSCF8682-Copy

             PEMASANGAN BREVET YUDHA TURANGGA WIRATAMA KEPADA 30 SISWA SUSGANGKUDSAR

Brevet Yudha Turangga Wiratama merupakan ciri khas dari prajurit Kavaleri, Brevet ini merupakan tanda kualifikasi ataupun kemahiran dalam menunggang kuda sebagai prajurit Kavaleri.

Pada tanggal 25 Agustus 2014 telah dibuka Pendidikan Kursus Menunggang Kuda Dasar selama ± 1,5 bulan diikuti oleh 30 orang prajurit perwakilan dari seluruh Satuan Kavaleri di Indonesia yang dilaksanakan di Detasemen Kavaleri Berkuda . Di dalam pendidikan tersebut diajarkan bagaimana dari cara merawat kuda dan  menunggang kuda yang benar.

Di akhir pendidikan dilaksanakan uji teori maupun praktek untuk mengukur hasil pendidikan secara langsung.  Setelah uji teori dan praktek, selanjutnya siswa Susgang kudsar diberikan materi tambahan yaitu Endurance Raid horse sebagai syarat dalam menempuh Brevet Yudha Turangga Wiratama yang dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2014.

Dalam kegiatan Endurance Raid horsetersebut dipimpin langsung oleh Dandenkavkud Pussenkav Letkol Kav I Gede Masa, S.I.P.  dan diikuti seluruh perwira Denkavkud Pussenkav serta 30 orang siswa Susgangkudsar. Dan pada akhirnya prajurit yang lulus berhak memakai Brevet  Yudha Turangga Wiratama kebanggaan prajurit Kavaleri.

Prajurit diluar kecabangan Kavaleri dapat juga menggunakan  Brevet Yudha Turangga  Wiratama apabila dapat memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan serta mendapat persetujuan dari Danpussenkav Kodiklat TNI AD.